TANGRAM
Tangram (Tionghoa:
七巧板; pinyin: qīqiǎobǎn;
arti harfiah "tujuh papan ketrampilan") adalah sebuah permainan teka-teki transformasi
yang terdiri dari tujuh keping potongan, disebut tans, yang disatukan
untuk membentuk pola. Tujuan dari permainan ini adalah untuk membentuk pola
tertentu (hanya diberi garis bentuk atau siluet) menggunakan ketujuh potongan,
yang mungkin tidak tumpang tindih. Permainan ini dianggap telah diciptakan di Tiongkok semasa Dinasti Song,[1]
dan kemudian di bawa ke Eropa
oleh kapal dagang pada awal abad ke-19. Ia menjadi sangat populer di Eropa saat
itu untuk sementara waktu, dan kemudian populer lagi semasa Perang Dunia I. Permainan ini
merupakan salah satu permainan teka-teki transformasi
yang paling populer di dunia.[2][3] Seorang
psikolog Tiogkok menyebut tangram sebagai "tes psikologi paling awal di
dunia", walaupun orang membuatnya untuk hiburan dan bukan untuk analisis.
Tangram sudah lama ada di Tiongkok sejak
pertama kali dibawa ke Amerika oleh Kapten M. Donnaldson, dengan kapalnya, Trader,
pada tahun 1815. Ketika kapalnya berlabuh di Kanton, sang kapten diberi
sepasang buku Tangram karya Sang-Hsia-koi (pengarang) dari tahun 1815.[5] Buku tersebut
kemudian dibawa dengan kapal ke Philadelphia, di mana kapal itu berlabuh pada
bulan Februari 1816. Buku Tangram pertama yang diterbitkan di Amerika
berdasarkan pada sepasang buku yang dibawa oleh Donnaldson tersebut.
Permainan teka-teki tersebut awalnya
dipopulerkan melalui The Eighth Book of Tan, sebuah sejarah fiktif
Tangram, yang mengklaim bahwa permainan tersebut diciptakan 4.000 tahun
sebelumnya oleh seorang dewa bernama Tan. Buku tersebut mencakup 700 bentuk,
beberapa di antaranya memungkinkan untuk dipecahkan.[6]
Permainan teka-teki ini akhirnya
mencapai Inggris, di mana ia menjadi sangat populer.[5] Kegilaan
tersebut dengan cepat menyebar ke negara-negara Eropa lainnya.[5] Hal ini
sebagian besar disebabkan oleh sepasang buku Tangram Britania, The
Fashionable Chinese Puzzle, dan buku solusi yang menyertainya, Key.[7] Segera,
perangkat tangram diekspor dalam jumlah besar dari Tiongkok, terbuat dari
berbagai bahan, mulai dari kaca, hingga kayu, sampai cangkang kura-kura.[8]
Konsep Matematika yang Terkait
Dalam pembuatan alat peraga tangram
menggunakan konsep bangun datar. Bangun datar adalah bangun yang hanya memiliki
luas dan keliling.ada beberapa jenis bangun datar seperti persegi, persegi
panjang, lingkaran, segitiga, belah ketupat, trapesium, layang-layang, dan
jajargenjang.
Pengenalan tentang bangun datar tidak
lepas dari konsep kesebangunan dan kekongruenan,serta kekekalan luas. Dua
bangun datar dapat dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat, yaitu panjang
sisi bersesuaian mempunyai perbandingan yang senilai dan sudut-sudut yang
bersesuaian. Dua bangun datar atau lebih dikatakan kongruen jika bentuk dan
model bangun yang satu sama persis dengan bangun yang lain. Hukum kekekalan
luas menyatakan bahwa luas daerah yang ditutupi benda akan tetap sama meskipun
letak bendanya diubah.
Dari permainan ini siswa dapat membuat
bentuk bangun datar yang telah mereka pelajari, juga membantu siswa untuk lebih
memahami tentang konsep kesebangunan dan kekongruenan. Permainan tangram
memenuhi hukum kekekalan luas. Artinya, bentuk bangun apapun yang dibentuk dari
potongan-potongan tangram akan mempunyai luas yang sama.
Cara Membuat
Tangram
- Alat dan Bahan
· Alat
Alat
yang digunakan dalam pembuatan alat peraga ini adalah:
·
Mistar
·
Cutter besar
·
Pensil
·
Kuas
·
Bahan
Bahan
yang digunakan dalam pembuatan alat peraga ini adalah :
·
Karton alas 3 mm 1 lembar
·
Cat Astro warna kuning, hijau dan
merah
·
Air
- Cara Pembuatan
- karton alas di potong berbentuk persegi dengan ukuran 24 cm x 24 cm
- kemudian buatlah pola persegi berukuran 6 cm x 6 cm sehingga menghasilkan 16 persegi (setiap prsegi berukuran 1 satuan )
- langkah berikutnya yaitu menggambar pola dari tangram yang akan di potong seperti pada gambar di bawah ini
- pola yang sudah terbentuk kemudian di potong menggunakan cutter
- pola yang sudah dipotong kemudian diwarnai menggunakan cat astro, setiap pola dengan warnanya sendiri.
- Kemudian setiap pola diberi angka dari 1 sampai 7. Seperti pada gambar berikut.
Pola tangram akan terbentuk seperti
gambar di atas dengan warna dan angkanya.
Cara Menggunakan
Model permainan tangram digunakan dengan
cara merangkaikan potongan tangram dengan menempelkan bagian sisi yang sama
panjang sehingga terbentuk bangun geometri yang dikehendaki. Dalam permainan
tangram bisa dimulai dari kegiatan yang sederhana kemudian dilanjutkan ke
permainanyang lebih menantang daya berpikirnya.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar